Ahwal Syakhshiyah

Program Studi Ahwal Syakhshiyah (AS) dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Depag RI Nomor: DJ.II/23/2004 tanggal 2 Maret 2004. Pada perkembangan berikutnya melalui kerja sama dengan beberapa pesantren yang ada di wilayah Karesidenan Kediri, mulai tahun akademik 2007/2008 Program Studi Ahwal Syakhshiyah menerima mahasiswa Program Peningkatan Kualifikasi Santri Tamatan Pondok Pesantren ke Jenjang S-1 (Program Akselerasi). Program studi ini bertujuan menghasilkan Sarjana Syariah yang professional sebagai hakim perdata Islam, pengacara/advokat, panitera, pegawai KUA, pegawai badan zakat dan wakaf, tenaga peneliti, dan konsultan hukum Islam. Gelar yang diberikan pada lulusan Program Studi Ahwal Syakhshiyah adalah Sarjana Syariah (S.Sy.). Saat ini Program Studi Ahwal Syakhshiyah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan Keputusan BAN PT Nomor: 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011.

Visi Program Studi Ahwal Syakhshiyah

“Unggul dan terdepan dalam pengembangan dan penerapan ilmu hukum perdata Islam”.

Misi Program Studi Ahwal Syakhshiyah

1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran ilmu hukum perdata Islam yang berwawasan global dan keindonesiaan.
2. Membudayakan penelitian di bidang ilmu hukum perdata Islam secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
3. Meningkatkan peran serta dalam penerapan ilmu hukum perdata Islam bagi terwujudnya masyarakat yang adil dan beradab.
4. Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang ilmu hukum perdata Islam.

Tujuan Program Studi Ahwal Syakhshiyah

1. Menghasilkan sarjana Syariah di bidang hukum perdata yang memiliki kemampuan akademik dan professional dengan berlandaskan iman, taqwa, dan akhlak karimah.
2. Mengembangkan dan menerapkan ilmu-ilmu Syari’ah di bidang hukum perdata dan ilmu lain yang terkait untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.